Senin, 26 Maret 2012

Sejarah PEMPEK, versi aku dewek. :D

Sejarah PEMPEK, versi aku dewek. :D
           

Pada jaman dahulu, di sungai musi terdapat banyak ikan, mulai dari belido, gabus, dll
Melihat hasil ikan di sungai musi yang sangat berlimpah, ada seorang bapak- bapak keturunan China yang benama PAK APEK.
Pertama- tama PAK APEK  mencampurkan daging giling Ikan belido yang telah di giling dengan Sagu ( tepung tapioca ) dan berbagai rempah- rempah setelah itu di bentuk dan di rebus dan di goreng.
Merasa makanan temuan pak apek ini enak, pak apek membuat jumlah yang besar dan menjual keliling di daerah Palembang. Para pembeli sangat menyukai makanan ini, namun makan ini belum memiliki nama.
Pada saat menjual keliling, para pembeli memanggil pak apek dengan sebutan PAK AMPEK sehingga orang orang jika mau membeli makanan ini memanggil bapak ini dengan sebutan PAK AMPEK dengan seiring perubahan sehingga orang menyebut PEK EMPEK dan menjadi PEMPEK J
Karena sekarang ikan belido sulit di dapat ( langka ) dan jika ada harga nya terpaut sangat mahal yaitu 100 rb bahkan lebih per kilonya. Maka mereka mengganti dengan ikan gabus yang harganya lebih murah. Tetapi jika ingin rasa PEMPEK ini enak mereka menggunakan ikan laut yaitu TENGGIRI yang hampir sama enak nya dengan ikan Belido, ikan tenggiri ini herganya 80 rb per kilonya .
Tetapi menurut orang Sumatera Selatan asli, ikan yang paling enak di buat pempek adalah ikan Belido yang tak ada tandingannya.
Toko Pempek yang terkenal di Palembang dalah Pempek Pak Raden, kalo di Prabumulih Toko Pempek Candy dan Semar.
Cara buat pempek cara aku adalah Ikan yang sudah di giling di beri garam dan rempah rempah lainnya, setelah itu masukkan air sedikit demi sedikit dan sagu sedikit demi sedikit. Campur sampai tidak lengket ditangan. Setelah itu di rebus dan lebih nikmat jika di goreng. Pempek paling enak dimakan bersama Cuko. J
Macam maca Pempek antara lain :
1.      Pempek telur kecil
2.      Pempek kapal selam
3.      Pempek kulit
4.      Pempek adaan
5.      Pempek lenjer kecil
6.      Pempek lenjer besar
7.      Pempek krupuk
8.      Pempek Pistel
9.      Pempek Panggang
10.  Pempek Lenggang
11.  Otak- Otak
12.  Pempek Tahu
13.  Model Gendum
14.  Tekwan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar